Sunday, September 25, 2016

Makna dari Tari Bondan Payung

Adakah yang tahu apa saja tarian yang berasal dari Jawa Tengah? Ini adalah salah satu tarian yang berasal dari Jawa Tengah tepatnya Surakarta yaitu Tari Bondan Payung, tarian ini berbeda dari yang lain karena cukup mudah untuk mempelajarinya. Walaupun terbilang cukup mudah tetapi jangan salah tarian ini mempunyai makna tersendiri bagi yang ingin mempelajarinya dan juga terdapat sejarah yang harus diingat. Makna yang terdapat pada tarian ini adalah “kasih sayang seorang ibu terhadap anaknya” dahulu tarian ini sering dimainkan seorang Ibu dan kembang desa di daerah tersebut untuk menunjukkan jati dirinya terhadap orang lain. 

Disaat pertunjukkan tarian itu berlangsung ada sesi yang terbilang sangat menarik yaitu pada saat penari menaiki kendi dan kendi itu tidak boleh pecah. Tarian ini dipersembahkan hanya saat hari-hari besar saja, pada saat kalian melihat atribut mereka pasti bertanya-tanya. Tarian apakah ini? Darimana? karena atributnya mungkin sedikit asing bagi kita. Mereka memakai properti yaitu payung kertas, kendil, dan boneka bayi yang digendong penari. Tari Bondan Payung ada 3 jenis yaitu Tari Bondan Cindogo, Tari Bondan Mardisiwi, dan Tari Bondan Pegunungan. Ketiga jenis tarian itu mempunyai khas (keunikan) masing-masing. 

source by Google image (tari-bondan-asal-usul-sejarah-dan.html)
Penasaran seperti apa tariannya? Dalam pertunjukannya, para penari Tari Bondan menari dengan menggendong bayi dengan satu tangan, lalu satu tangan yang lain memegang payung kertas. Tarian tidak akan lengkap tanpa adanya musik untuk mengiringinya, jenis alat musik yang dipakai untuk mengiringi Tari Bondan adalah Gending. Konon, Gending adalah jenis alat musik yang bernada halus sehingga dijadikan sebagai pengiring musik untuk Tari Bondan. Selain itu alat musik ini juga bisa mewakili perasaan dan kepribadian sang penari sebagai gadis Jawa yang lemah gemulai sekaligus mempunyai santun yang baik. 

Kira-kira seperti itulah makna dari Tari Bondan Payung begitu juga dengan sejarah nya. Menarik bukan? Itu barulah satu jenis tari yang ada di daerah Jawa Tengah. Kita sadar kalau begitu beragam Budaya yang dimiliki Indonesia dan mempunyai makna yang berarti untuk kehidupan sehari-hari kita. Untuk itu mungkin kita bisa melestarikan Budaya Indonesia dengan mempraktekkan makna dari sebuah tarian didalam kehidupan sehari-hari. Semoga kita juga bisa mewarisi kepada generasi selanjutnya. 


Created by: Roro Tirtamayasandi/1901469523

No comments:

Post a Comment