Sunday, September 25, 2016

Tradisi Peringatan Hari Orang Yang Sudah Meninggal di Kabupaten Cilacap


Jawa tengah merupakan sebuah provinsi yang luas yang memiliki berbagai kabupaten, salah satunya adalah kabupaten cilacap yang luasnya 6,94 persen dari luas provinsi jawa tengah. Ibu kota kabupaten Cilacap adalah Cilacap yang terdiri atas kecamatan Cilacap Utara, Cilacap Tengah, dan Cilacap Selatan.

Karena luasnya wilayah cilacap serta banyaknya masyarakat yang tinggal, terjadilah percampuran budaya yang menghasilkan keunikan pada budaya cilacap ini. Salah satunya adalah adanya peringatan terhadap orang terdekat atau keluarga yang sudah meninggal, yaitu peringatan pada hari ke 7, 30, 100, 1000 harian setelah orang itu meninggal.

Keluarga yang ditinggalkan akan memperingatinya dengan cara membagikan makanan (selametan) kepada saudara atau tetangga untuk mengingatkan sudah berapa lama orang tersebut wafat, serta meminta doa untuk orang tersebut
.
Perhitungan hari selamatan orang meninggal disebut sebagai pingitan orang meninggal. Yang biasanya dihitung untuk memperingati hari ke 1000 (nyewu).


Pada umumnya tradisi ini sudah mendarah daging karena sudah ada sejak jaman nenek moyang. Dan menyebabkan tradisi ini sulit di hilangkan, karena dari kejadian yang pernah saya alami di lingkungan saya. Orang yang sudah menanamkan kebiasaan ini akan tetap melakukannya dimanapun dia tinggal saat ini.

image : source google, contoh nama org yg telah meninggal.

created by : linier perwitasari 1901511651

No comments:

Post a Comment